Danau Sentarum Terlangka se-Asia Tenggara

THE Last Paradise, itulah julukan dunia bagi Danau Sentarum yang berlokasi di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Wilayah itu merupakan kelompok 20 danau besar dan kecil di tengah deretan perbukitan.

Sejak 1999, wilayah itu menjadi Taman Nasional Danau Sentarum. Danau itu merupakan sebuah hamparan banjir yang terjadi saat hujan deras dan Sungai Kapuas meluap. Saat kemarau, sebagaian danau kering. Rerumputan hijau pun menyerupai padang golf.

Keunikan itu pun menjadi tipe ekosistem hamparan banjir paling luas dan langka. Hanya Kalimantan Barat yang memiliki keunikan itu di Indonesia, bahkan Asia Tenggara.

Danau Sentarum terbentuk pada zaman es atau periode pleistosen. Kekayaan flora dan faunanya sangat luar biasa dan tak mungkin dijumpai di belahan manapun. Wilayah itu menjadi rumah 510 spesies tumbuhan, 141 spesies hewan mamalia, 266 spesies ikan, dan 31 jenis reptilia.

Luas Danau Sentarum adalah 132.000 hektar. Danau terdiri dari 89.000 hektar hutan rawa tergenang dan 43.000 hektar daratan. Kawasan Taman Nasional Danau Sentarum tercatat sebagai salah satu habitat ikan air tawar terlengkap di dunia.(MI/RRN)

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Danau Sentarum Terlangka se-Asia Tenggara"

Posting Komentar