7 Terowongan Terpanjang di Dunia yang Dapat Dilalui Kendaraan

[​IMG]
Meski membutuhkan waktu pengerjaan yang lama dan dana yang tak sedikit, kerap kali membangun terowongan dilakukan demi kemudahan transportasi. Jalan dibuat dengan membelah lautan atau pun pegunungan ini terbukti dapat mempersingkat waktu perjalanan.

Dunia ada banyak sekali jalanan terowongan yang telah dibangun. Berikut ini adalah tujuh lokasi terowongan terpanjang di dunia yang dapat dilalui kendaraan.

1. Terowongan Laerdal, Norwegia.

[​IMG]
Setidaknya ada 900 jalan terowongan di Norwegia. Hanya dengan waktu pembangunan selama lima tahun, Terowongan Laerdal ini adalah yang terpanjang dan memiliki jarak mencapai 24 kilometer.

2. Terowongan Yamate, Jepang.

[​IMG]
Terowongan sejauh 18,2 kilometer ini mulai dibangun pada 1992 dan baru selesai pada Desember 2007. Tersedia empat jalur kendaraan pada kedua arahnya bagi mereka yang ingin melintas dari Central Circular Sinjuku menuju Shinagawa Route.

3. Terowongan Kanetsu, Jepang.
[​IMG]
Terowongan yang mulai digunakan sejak 1991 ini terdapat di jalan tol Kanetsu yang menghubungkan Kota Tokyo dengan Prefektur Niigata. Panjang terowongan ini sekitar 11 kilometer.

4. Terowongan Folgefonna, Norwegia.
[​IMG]
Sebelum terowongan ini ada, warga yang ingin bepergian dari wilayah Austrepollen ke Odda yang harus menempuh waktu perjalanan hingga empat jam. Sejak Folgefonna yang memiliki panjan 11 kilometer ini beroperasi pada 2001 lalu, durasi tersebut dapat terpangkas menjadi sepuluh menit saja.

5. Terowongan Frejus, Perancis – Italia.

[​IMG]
Menghubungan Kota Modana di Peracis dan Bardonecchia di Italia, lintasan terowongan ini mencapai 13 kilometer dan menjadikannya sebagai terowongan terpanjang peringkat nomor sembilan di dunia.

6. Terowongan Qinlin Zhongnanshan, Tiongkok.

[​IMG]
Untuk menyambungkan antara daerah Changan dan Zhashui, Pemerintah Tiongkok harus menggelontorkan dana sebesar 3,2 juta Yuan untuk membangun terowongan sepanjang 18 kilometer di bawah Gunung Zhongnan.

7. Terowongan St. Gotthard, Swiss.

[​IMG]

Ingin merasakan sensasi melintasi Gunung Alpen di Swiss? Coba saja masuk ke Terowongan St. Gotthard yang memiliki panjang hampir 17 kilometer ini.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Terowongan Terpanjang di Dunia yang Dapat Dilalui Kendaraan"

Posting Komentar