Olahraga, Cara Ampuh Pertajam Ingatan


 
Olahraga, Cara Ampuh Pertajam Ingatan - Uji coba yang dilakukan oleh gabungan peneliti di Amerika menunjukkan bahwa olahraga sanggup menumbuhkan sel-sel gres pada dentate gyrus, ialah bab dari hippocampus yang kuat pada penurunan daya ingat insan yang umumnya mulai terjadi pada usia 30 tahun-an.

Awalnya para peneliti memakai scan MRI pada tikus. MRI atau Magnetic Resonance Imaging merupakan investigasi dengan memakai gelombang elektromagnet untuk menghasilkan gambar organ dalam badan manusia.

Setelah dilakukan percobaan pada tikus, mereka lalu memakai MRI untuk meneliti otak insan sebelum dan sesudah berolahraga. Para peneliti menemukan contoh yang sama yang mengatakan bahwa insan juga berbagi sel-sel otak gres ketika mereka berolahraga.

Belum pernah ada penelitian sebelumnya yang secara sistematis mengkaji wilayah hippocampus secara berbeda dan mengidentifikasi wilayah mana yang paling terpengaruh dengan olahraga. Selain itu, para peneliti dari Salk Institute di California menunjukkan bahwa olahraga sanggup menyebabkan pengembangan sel gres otak pada tikus sama dengan dentate gyrus.

Para peneliti menulis hasil penelitian tersebut pada Proceedings of the National Academy of Sciences sekaligus menemukan cara mengukur pengukuran MRI tersebut dengan melacak volume darah pada otak.

Para peneliti tentu saja tidak sanggup membedah otak insan untuk melihat apakah syaraf gres telah tumbuh, tapi para peneliti memakai MRI untuk melihatnya. Dalam penelitian tersebut, mereka merekrut 11 orang berakal balig cukup akal yang sehat dan meminta mereka melaksanakan olahraga menyerupai aerobik selama tiga bulan secara rutin, yang dibarengi dengan melaksanakan MRI pada otak mereka sebelum dan sesudah olahraga. Mereka juga mengukur kebugaran responden dengan mengukur volume oksigen sebelum dan sesudah berolahraga.

Olahraga melancarkan pedoman darah ke dentate gyrus pada manusia, dan semakin sehat seseorang, maka semakin banyak pedoman darah MRI yang terdeteksi.

Kesamaan yang luar biasa antara perubahan volume darah otak yang dihasilkan oleh olahraga dalam pembentukan hippocampus pada tikus dan insan mengatakan bahwa dampak tersebut mempunyai prosedur yang serupa. Salam info kesehatan kita!

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Olahraga, Cara Ampuh Pertajam Ingatan"

Posting Komentar