Penyakit Pada Bayi : Sembelit

 Tinja keras dan sulit dikeluarkan oleh bayi Penyakit Pada Bayi : Sembelit

Penyakit Pada Bayi : Sembelit - Apakah bayi anda pernah rewel sebab sulit buang air besar atau sembelit ? Tinja keras dan sulit dikeluarkan oleh bayi, kadangkala disertai darah. Sembelit sering terjadi pada bayi yang mulai diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI). Oleh sebab itu, perhatikanlah jenis, frekuensi dan konsentrasi/ kekentalan ketika memperlihatkan MPASI di awal pemberiannya supaya tidak menjadikan sembelit pada bayi.

Di awal pinjaman MPASI, perbanyak asupan serat dari sayur dan buah-buahan. Sayur dan buah sanggup melunakkan kotoran/ tinja. Seimbangkan pinjaman MPASI pada bayi supaya buang air besarnya tidak keras dan simpel dikeluarkan oleh bayi. Konsentrasi/ kekentalan MPASI juga perlu dipertimbangkan ketika awal pinjaman pertama. Jangan eksklusif memberi masakan padat, sebab organ pencernaan bayi akan "kaget" yang sanggup mengakibatkan sembelit. Oleh sebab itu berikan MPASI pertama kali dengan kekentalan yang sangat cair terlebih dahulu. Secara sedikit demi sedikit 1 hingga 2 ahad lakukan pengentalan MPASI. Selain jenis dan konsentrasi, frekuensi pinjaman juga perlu diperhatikan. Pemberian MPASI di awal waktu yang terlalu banyak dan sering akan mengakibatkan sembelit. Di awal pinjaman MPASI berikan 1x sehari selama 1 ahad dahulu. Apabila acara gerakan bayi sudah mulai banyak, maka makin banyak energi yang dibutuhkan. Sehingga bayi akan menjadi cepat merengek sebab lapar. Tambahkanlah frekuensi menjadi 2 hingga 3 kali sehari.

Ketika bayi mengalami sembelit, janganlah panik. Terapi yang mungkin sanggup membantu mengatasi sembelit ialah melaksanakan pemijatan. Pijatlah di tempat perut secara perlahan dan gosok perut searah jarum jam. Tempelkan tangan di pusar bayi dan lakukan pemijatan dengan melingkar kemudian naik turun ke dan dari arah pusar. Kemudian letakkan bayi secara terlentang dan angkat perlahan kedua kakinya. Gerakkan kaki bayi seolah sedang menggowes sepeda. Gerakan ini sanggup membantu duduk kasus kembung dan sembelit pada bayi. Berendam di air hangat juga sanggup membantu melemaskan otot-otot sehingga buang air besar bayi lancar.

Sekian artikel mengenai penyakit pada bayi yang kali ini membahas perihal sembelit sebagai kelanjutan dari artikel sebelumnya perihal diare pada bayi. Semoga sanggup menjadi bekal pengetahuan untuk para orang tua. Artikel depan Insyaallah akan dibahas penyakit pada bayi mengenai ruam popok. Salam Info Kesehatan Kita.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyakit Pada Bayi : Sembelit"

Posting Komentar