20 Pemicu Timbulnya Kanker Payudara Pada Wanita


1. Obesitas

Dari sebuah penelitian, perempuan dengan usia lanjut yang mempunyai berat tubuh berlebih akan mempunyai resiko terkena penyakit kanker payudara dibandingkan mereka yang mempunyai berat tubuh normal. Hal ini disebabkan oleh penumpukan lemak jahat yang bisa membentuk hormon estrogen lebih banyak.

2. Kondisi Genetik

Patut diwaspadai bila penyebab penyakit kanker payudara juga sanggup disebabkan oleh kondisi genetik. Terutama untuk Kamu yang mempunyai keluarga inti dari Ayah maupun Ibu yang pernah mengidap kanker payudara. Bahkan sekitar 5 - 10% penderita kanker payudara diakibatkan adanya kondisi genetik yang diwarisi.

3. Paparan Sinar Radiasi

Paparan sinar matahari yang hingga ke tubuh dalam jumlah yang terlalu banyak dan sering sanggup pula menjadikan resiko terkenanya kanker payudara. Terutama untuk Anda yang bekerja sebagai tenaga kesehatan yang berkaitan dengan penggunaan sinar radiasi, mirip peralatan rontgen, CT scan, dan lainnya. Selain itu radiasi yang dipaparkan oleh perangkat elektronik mirip HP, komputer pun juga sanggup berpotensi pada penyakit ini.


4. Usia

Semakin bertambahnya usia seseorang, maka resiko terkenanya penyakit mirip kanker payudara pun juga semakin meningkat. Terutama bagi perempuan yang sudah menginjak usia 50 tahun ke atas dan sudah memasuki masa menopause.



5. Pernah Memiliki Benjolan Jinak yang Sudah atau Belum Diangkat

Jika sebelumnya payudara Anda pernah mempunyai benjolan jinak atau yang disebut sebagai tumor, baik itu yang sudah diangkat ataupun belum. Maka kondisi ini sanggup meningkatkan resiko terkenanya kanker payudara.

6. Jenis Kelamin

Penyenan terkenanya kanker payudara juga sanggup disebabkan oleh jenis kelamin. Dimana perempuan mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk mengidap kanker payudara dibandingkan pria. Bahkan persensasinya hingga 100 kali lipat.


7. Memiliki Riwayat Kanker Payudara

Seseorang yang sebelumnya mempunyai riwayat kanker payudara baik itu yang berasal dari dirinya ataupun garis keturunannya, maka resiko terkenanya kanker payudara lebih besar meskipun telah dilakukan operasi pengangkatan sel tumor payudara.


8. Pola Makan yang Tidak Sehat

Bagi Anda yang mempunyai acuan makan yang jelek mirip suka makan-makanan siap saji, olahan kemasan, ataupun yang tidak suka makan buah dan sayur. Maka penyakit kanker payudara bisa lebih besar menyerang tubuh Anda.


9. Pengaruh Hormon Estrogen

Hormon estrogen mempunyai tugas yang sangat penting dalam pembentukan sel payudara. Jika jumlahnya lebih tentu pembentukan sel sanggup terjadi lebih cepat atau bahkan tidak terkendali. Belum lagi bila Anda mempunyai kontak eksklusif dengan pembentukan hormon estrogen, mirip melahirkan di usia lanjut, menstruasi yang lebih awal dari umur normal, suka mengkonsumsi junkfood, dll.

10. Pengaruh Terapi Pengganti Hormon

Terapi pengganti hormon mempunyai resiko yang lebih besar terhadap penyakit kanker payudara. Hormon estrogen yang disuntikan ke dalam tubuh mempunyai pertumbuhan yang lebih cepat dibanding hormon estrogen yang diproduksi secara alami oleh tubuh.

11. Gaya Hidup

Gaya hidup mempunyai resiko cukup besar akan penyakit yang satu ini. Dimana seseorang yang mempunyai gaya hidup kurang sehat, mirip suka mengkonsumsi masakan kemasan, junkfood, berlemak, suka begadang, malas berolahraga, dan lain-lain akan lebih gampang terkena penyakit kanker payudara dibanding mereka yang mempunyai gaya hidup sehat.

12. Adanya Keluarga yang Pernah Mengidap Penyakit yang Sama

Menurut sebuah penelitian, anak perempuan yang mempunyai ibu yang pernah pengidap kanker payudara ataupun dari pihak keluarga ayahnya. Maka mempunyai resiko yang lebih besar dibandingkan mereka yang tidak mempunyai keluarga dengan riwayat kanker payudara sebelumnya.

13. Pengaruh Usia Saat Melahirkan Pertama

Bagi seorang perempuan yang pernah melahirkan di usia muda, maka patut diwaspadai bila resiko terkenanya kanker payudara lebih besar. Dimana dikala produksi hormon estrogen yang sedang melimpah di usia muda, tiba-tiba harus diganti dengan hormon yang berperan selama proses kehamilan.

14. Melahirkan di Usia Tua

Wanita yang gres melahirkan di usia 30 tahun ke atas mempunyai resiko yang lebih tinggi untuk terkena kanker payudara dibanding perempuan yang melahirkan di usia di bawahnya.

15. Wanita yang Belum Pernah Hamil

Wanita yang belum pernah hamil padahal sudah memasuki usia lanjut, mempunyai resiko yang sama untuk terkena kanker payudara lebih besar dibanding mereka yang sudah mempunyai anak sebelumnya.

16. Jarang Berolahraga

Kurangnya intensitas olahraga ditambah penerapan gaya hidup yang kurang sehat menjadi penyebab tumbuhnya kanker payudara di usia muda.


17. Penggunaan Pil KB

Penggunaan pil KB ternyata bisa merangsang pertumbuhan sel kanker dalam tubuh secara lebih cepat dan sanggup berpotensi terkenanya kanker payudara.


18. Kebiasaan Merokok

Selain sanggup memperburuk kesehatan organ tubuh lainnya, merokok juga sanggup mempercepat pertumbuhan sel kanker di dalam tubuh, khususnya bagi perempuan ataupun laki-laki yang mempunyai kebiasaan merokok.


19. Kurangnya Konsumsi Phytoestrogen

Phytoestrogen merupakan pembentuk hormon estrogen yang ditemui pada masakan mirip kacang kedelai, gandung, tahu, sayur, tumbuhan obat dan rempah-rempah. Seringnya mengkonsumsi Phytoestrogen diyakini sanggup menjadi cara mencegah kanker payudara.


20. Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan yang kurang bersih, banyaknya paparan bubuk polusi, sinar radiasi yang lebih banyak sanggup menjadi penyebab seseorang terkena kanker payudara.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "20 Pemicu Timbulnya Kanker Payudara Pada Wanita"

Posting Komentar